BATCH 1 - TAHUN 2024
Instagram Link
PENDAHULUAN
Fokus nasional pada pembangunan SDM di Papua dan Papua Barat, sebagaimana tercermin dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2021 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus bagi Provinsi Papua, serta dipertegas dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 dan kebijakan BAPPENAS, BKN, dan MENPAN RB, menggarisbawahi pentingnya peningkatan kompetensi ASN di wilayah tersebut. LPDP, melalui Beasiswa Putra-Putri Papua, menjawab kebutuhan ini dengan memfasilitasi pendidikan tinggi bagi generasi muda Papua, Papua Barat, Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Barat Daya. Beasiswa ini tidak hanya memberikan akses pendidikan berkualitas, namun juga disertai dengan Program Pengayaan Bahasa dan Program Pembekalan Afirmasi.
Program Pengayaan Bahasa memastikan penerima beasiswa memiliki kemampuan bahasa Inggris yang memadai untuk studi lanjut, terutama di luar negeri. Sementara itu, Program Pembekalan Afirmasi mempersiapkan mereka secara menyeluruh, baik dari segi akademis, karakter, maupun kepemimpinan. Hal ini selaras dengan semangat otonomi khusus yang mendorong pengembangan talenta ASN Papua untuk berperan aktif dalam pembangunan daerahnya sesuai dengan amanat Undang-Undang Otsus Papua. Selain itu, program ini juga sejalan dengan upaya Badan Kepegawaian Negara dalam meningkatkan kompetensi PNS, khususnya di Papua, melalui berbagai program pengembangan.
Keterkaitan antara program-program LPDP tersebut dengan kebijakan BKN terkait pengembangan kompetensi PNS, khususnya di Papua, menunjukkan sinergi yang kuat antara kedua lembaga dalam upaya meningkatkan kualitas SDM ASN di wilayah tersebut. Kolaborasi ini diharapkan dapat menghasilkan ASN Papua yang berkualitas, berdaya saing, dan mampu menjadi motor penggerak pembangunan di daerahnya. Hal ini sejalan dengan tujuan LPDP yang tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 18/PMK.02/2020 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Pengelola Dana Pendidikan, yaitu meningkatkan kualitas SDM Indonesia, termasuk ASN, melalui penyediaan akses pendidikan yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan pembangunan. Lebih lanjut, upaya ini juga selaras dengan Rencana Strategis Badan Kepegawaian Negara 2020-2024 yang menekankan pentingnya pengembangan kompetensi ASN, khususnya di daerah-daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) seperti Papua, serta Peraturan Presiden Nomor 116 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 17 Tahun 2020 tentang Badan Kepegawaian Negara yang menegaskan tugas dan fungsi BKN dalam pengelolaan ASN secara nasional.
RUANG LINGKUP
Program pengayaan bahasa Inggris ini
mencakup berbagai aspek pembelajaran dan pengembangan keterampilan berbahasa,
antara lain:
a.
Penguasaan Keterampilan Berbahasa Inggris
1).
Mendengarkan (Listening):
ü Memahami
berbagai aksen dan dialek bahasa Inggris, termasuk aksen British, American, dan
Australian.
ü Mengikuti
percakapan, kuliah, presentasi, dan diskusi dalam bahasa Inggris.
ü Menangkap
informasi penting dari materi audio dan video berbahasa Inggris.
2).
Berbicara (Speaking):
ü Melakukan
percakapan sehari-hari dan akademik dalam bahasa Inggris dengan lancar dan
percaya diri.
ü Berpartisipasi
aktif dalam diskusi kelompok dan presentasi.
ü Menyampaikan
gagasan dan argumen secara jelas dan efektif.
ü Melakukan
wawancara dalam bahasa Inggris dengan baik.
3).
Membaca (Reading):
ü Memahami
berbagai jenis teks berbahasa Inggris, termasuk artikel ilmiah, jurnal, buku
teks, dan laporan.
ü Menangkap
ide pokok, detail, dan informasi tersirat dari teks.
ü Meningkatkan
kecepatan membaca dan pemahaman bacaan.
4).
Menulis (Writing):
ü Menulis
esai, laporan, dan makalah akademik dalam bahasa Inggris dengan tata bahasa dan
struktur kalimat yang benar.
ü Mengembangkan
kemampuan menulis kreatif dan argumentatif.
ü Menyusun
surat lamaran, motivation letter, dan dokumen penting lainnya dalam bahasa
Inggris.
b.
Persiapan Akademik
1).
Pengembangan kosakata akademik:
Memperkaya kosakata yang relevan
dengan bidang studi yang akan ditempuh.
2).
Strategi pembelajaran efektif:
Mempelajari teknik-teknik belajar yang
efisien untuk memaksimalkan hasil studi.
3).
Pengenalan budaya akademik:
Memahami etika, norma, dan harapan
dalam lingkungan akademik di luar negeri.
4).
Keterampilan presentasi: Meningkatkan kemampuan
presentasi di depan umum dengan menggunakan bahasa Inggris yang baik.
c.
Pengembangan Kemampuan Komunikasi Lintas Budaya
1).
Pemahaman perbedaan budaya:
Mengenali dan menghargai perbedaan
budaya antara Indonesia dan negara tujuan studi.
2).
Komunikasi efektif lintas budaya:
Mengembangkan strategi komunikasi yang
efektif untuk berinteraksi dengan orang-orang dari latar belakang budaya yang
berbeda.
3).
Adaptasi dengan lingkungan baru:
Mempersiapkan diri untuk menghadapi
tantangan adaptasi dengan lingkungan dan budaya baru.
d.
Persiapan Tes Standar Bahasa Inggris
1).
Strategi menghadapi tes:
Mempelajari teknik dan strategi untuk
menghadapi tes standar bahasa Inggris seperti IELTS atau TOEFL.
2).
Latihan soal:
Berlatih mengerjakan berbagai jenis
soal tes standar bahasa Inggris.
3).
Simulasi tes:
Mengikuti simulasi tes untuk mengukur
kesiapan dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.
e.
Pendampingan dan Monitoring
1).
Tutoring:
Mendapatkan bimbingan dan dukungan
dari tutor atau pengajar yang berpengalaman.
2).
Monitoring progress:
Memantau perkembangan kemampuan bahasa
Inggris secara berkala melalui evaluasi dan umpan balik.
3).
Konsultasi:
Berkonsultasi dengan pihak LPDP atau
pengajar jika menghadapi kesulitan atau kendala selama program.
f.
Tujuan Akhir
Setelah menyelesaikan program
pengayaan bahasa Inggris ini, diharapkan peserta mampu:
1).
Memenuhi persyaratan bahasa Inggris yang ditetapkan oleh
perguruan tinggi tujuan.
2).
Berkomunikasi dengan lancar dan percaya diri dalam bahasa
Inggris, baik dalam konteks akademik maupun sosial.
3).
Beradaptasi dengan baik dengan lingkungan dan budaya
akademik di luar negeri.
4). Menjalani studi dengan sukses dan meraih prestasi akademik yang gemilang.
DASAR
Dasar keikutsertaan dalam program
pengayaan bahasa Inggris LPDP sebagai berikut :
a.
8 November 2023:
1).
Diterima email pemberitahuan kelulusan seleksi akhir
program beasiswa afirmasi putra/putri Papua, magister luar negeri tahun 2023
dengan rincian sebagai berikut :
Nomor Registrasi Peserta : XXXXXXXXXXX
Status :
Calon Penerima Beasiswa
Batas Waktu Pencarian LOA : XXXXXXXXXXXXXXXXX
2).
Dilakukan konfirmasi kepesertaan dalam persiapan kegiatan
pengayaan bahasa LPDP RI.
3).
Dilakukan update data pada aplikasi LPDP paling lambat 10
November 2023.
b.
15 Januari 2024:
1).
Diterima undangan untuk bergabung ke grup WhatsApp khusus
peserta Pengayaan Bahasa Kelas IELTS untuk Putra Putri Papua.
c.
8 Maret 2024:
1).
Diterima undangan resmi untuk mengikuti Program Pengayaan
Bahasa Batch 1 Tahun 2024.
2).
Tanggal kehadiran pertama adalah 17 Maret 2024.
3).
Tiket dipesan melalui mitra Travel LPDP.
d.
13 Maret 2024:
1).
Diterima konfirmasi pemesanan tiket pesawat dari H.I.S
Travel (LPDP RI).
2).
Detail penerbangan: XXXXXX
e.
15 Maret 2024:
1).
Dilakukan pelaporan dan permohonan izin kepada Atasan
Langsung dan Kakanreg IX BKN Jayapura untuk berangkat ke Jakarta guna
menghadiri kegiatan pengayaan bahasa selama enam bulan.
f.
17 Maret 2024:
1).
Dilakukan keberangkatan dari Jayapura ke Jakarta sesuai
jadwal yang tertera pada tiket.
g.
18 Maret 2024:
1).
Diterima surat tugas dari Sekretaris Utama BKN No.3XXXXXXXXXXXX
2).
Dimulai rangkaian kegiatan pengayaan bahasa sesuai jadwal
yang ditetapkan oleh LPDP RI di Inlingua, Jakarta International College, Slipi,
Jakarta Barat.
KEGIATAN YANG TELAH DILAKSANAKAN
Kegiatan yang telah dilaksanakan telah dilaporkan secara berkala melalui laporan berikut :
1.Laporan Pelaksanaan Penugasan Pengayaan Bahasa LPDP.
(Periode I – Tanggal18 Maret sampai dengan 17 Mei 2024)
Laporan ini merangkum pelaksanaan tugas pengayaan bahasa Inggris sebagai calon penerima beasiswa LPDP Kementerian Keuangan RI. Program ini berlangsung selama 6 bulan di Inlingua, Jakarta International College, dan mencakup kelas General English, IELTS Preparation, dan College Preparation. Hingga 17 Mei 2024, kelas General English telah selesai, kelas IELTS Preparation masih berlangsung dengan target tes IELTS Official pada September 2024, dan kelas College Preparation akan dimulai setelahnya. Melalui program ini, diharapkan kemampuan bahasa Inggris peserta meningkat, skor IELTS membaik, dan proses pendaftaran kampus tujuan studi master dapat diselesaikan dengan baik.
2.Laporan Pelaksanaan Penugasan Pengayaan Bahasa LPDP.
(Periode II – Tanggal 17 Mei sampai dengan 9 Agustus 2024)
Laporan ini merangkum pelaksanaan tugas pengayaan bahasa Inggris sebagai calon penerima beasiswa LPDP Kementerian Keuangan RI hingga 9 Agustus 2024. Program ini telah berhasil menyelesaikan kelas General English, sedangkan kelas IELTS Preparation masih berlangsung dengan target tes IELTS Official pada September 2024. Kelas College Preparation akan dimulai setelah tes IELTS. Selain itu, peserta telah aktif mengikuti pembekalan afirmasi dan sedang dalam tahap akhir persiapan semua berkas yang dibutuhkan sebagai syarat administrasi pendaftaran perkuliahan di Amerika Serikat, yang periode pendaftarannya baru dibuka pada Agustus dan September 2024 dan berlangsung hingga akhir tahun 2024. Peserta berencana untuk mengambil perkuliahan pada semester musim gugur (fall semester) tahun 2025. Seluruh proses pendaftaran ditargetkan selesai sebelum kembali ke tempat tugas pada 19 September 2024.
HASIL YANG DI CAPAI
Hasil yang dicapai dari kegiatan pengayaan bahasa LPDP selama enam (6) bulan di Jakarta dapat dikategorikan dalam beberapa aspek, yakni :
1. Pemenuhan kewajiban sebagai calon penerima beasiswa LPDP RI.
a. Selesai mengikuti kelas General English dan persiapan tes IELTS Academic.
b. Selesai mengikuti kegiatan pembekalan afirmasi LPDP bersama penerima beasiswa dengan tujuan studi dalam dan luar negeri.
2. Telah menyelesaikan pelaksanaan tugas lainnya sebagai bentuk dukungan kinerja terhadap unit kerja yang telah disampaikan pada laporan pelaksanaan kegiatan periode I dan II tahun 2024.
3 Telah menyelesaikan koordinasi, konsolidasi dan pemrosesan dokumen persiapan pelaksanaan studi lanjutan melalui program beasiswa LPDP, diantaranya :
a. Melakukan konsultasi persiapan studi bersama I-Link.
b. Mengikuti College Admission Day.
c. Mengikuti USGRAD Study Day.
d. Mengurus paspor elektronik.
e. Mengurus translasi dokumen ijazah dan transkrip nilai S1.
f. Menyusun resume/CV, Letter of Statement, Letter of Purpose, Essay dan dokumen syarat pendaftaran lainnya.
g. Melaporkan dan memverifikasi jurusan program studi yang dipilih sesuai dengan kebijakan hasil pemetaan kompetensi pada Biro SDM BKN.
h. Menyusun dan mengirimkan surat permohonan rekomendasi yang akan menjadi dokumen syarat pendaftaran.
i. Melakukan koordinasi dan konsultasi terkait isu judul riset yang hendak dilakukan saat melakukan studi lanjutan.
4. Memperoleh peningkatan kompetensi teknis yang berguna kelak dalam proses studi melalui kelas College Prep.
a. Dapat melaksanakan penelitian, riset, penulisan tesis dan jurnal ilmiah menggunakan alat bantu A.I dan aplikasi pendukung lainnya.
b. Mampu memahami kebudayaan di negara tujuan studi / Amerika Serikat melalui cross culture class.
c. Memahami dan mampu melakukan presentasi ilmiah dalam bahasa inggris.
d. Memahami dan mempraktekkan penulisan berbagai berkas administrasi yang dibutuhkan saat pendaftaran kuliah.
SIMPULAN DAN SARAN
1.
SIMPULAN
Kegiatan yang saya ikuti sangatlah
berguna mengingat saya sebagai alumni dari perguruan tinggi lokal belum
memahami terkait prosedur maupun berbagai hal yang perlu disiapkan sebelum
melanjutkan studi di luar negeri. Melalui pembekalan afirmasi saya juga
mendapat kesempatan untuk bertemu banyak generasi muda Indonesia yang kemudian
membangkitkan semangat dan menata visi saya dalam memajukan Papua sehingga
dapat setara dengan daerah lainnya di Indonesia. Selain itu melalui pengalaman
yang saya peroleh dan peserta lainnya yang berasal dari instansi
kementerian/lembaga lainnya seperti Kementerian Hukum dan Ham, Badan Pusat
Statistik, Kementerian Pertanian, dan instansi pemerintah daerah lainnya yang
juga ikut serta dalam kegiatan ini hendaknya dapat menjadi pemantik semangat
generasi muda BKN lainnya terutama putra/putri asli Papua untuk mengikuti
program beasiswa yang sama.
Saya sangat
mengucap syukur atas kesempatan yang luar biasa yang Tuhan berikan lewat
kesempatan dan komitmen Bapak/Ibu Pimpinan Badan Kepegawaian Negara dalam
meningkatkan kapasitas dan kompetensi saya selaku ASN muda Papua yang berkarier
di tengah instansi penyelenggara pembinaan dan pelayanan Manajemen Aparatur
Sipil Negara di Indonesia. Kiranya dukungan Bapak/Ibu dapat memacu saya untuk
semakin berkarya demi kemajuan Badan Kepegawaian Negara sebagai instansi
pemangku amat pelaksana teknis manajemen Aparatur Sipil Negara demi mewujudkan
Indonesia emas kedepannya.
2. SARAN
Beranjak dari pengalaman berharga yang saya peroleh selama mengikuti kegiatan ini saya berharap kedepannya semakin banyak generasi muda PNS BKN yang juga mendapatkan peluang yang sama untuk melanjutkan studi demi meningkatkan kapabilitas organisasi dan institusi. Sekiranya lewat semua itu penyelenggaraan pengembangan kompetensi guna memenuhi tantangan pelaksanaan sistem merit dalam penyelenggaraan manajemen talenta ASN nasional yang ideal dapat terwujud.
PESERTA KEGIATAN (Class Adelaide)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar